Tutorial Install XAMPP Di Windows

Posting Komentar

Jika anda ingin membuat website yang bersifat PHP, aplikasi berbasis web atau ingin menginstall wordpress di komputer atau laptop anda tentu saja anda terlebih dahulu harus menginstall kurang lebih 5 software yang diperlukan yaitu, Apache, PHP, Mysql, PHPmyadmin dan jangan lupa editor untuk coding nya dengan xampp ini anda bisa langsung menginstall 4 software tersebut dalam satu aplikasi saja yiatu dengan menggunakan XAMPP.

XAMPP adalah sebuah aplikasi yang di dalamnya sudah termasuk 4 software yang tadi saya sebutkan tadi. XAMPP adalah sebuah paket open source gratis yg mudah digunakan, dan juga XAMPP juga termasuk cross-platform yaitu bisa digunakan di berbagai sistem operasi yang berbeda (Microsoft, Ubuntu, Linux, MAC O dan lain-lain).

Tutorial install XAMPP di windows 

1. Download Aplikasi XAMPP
aplikasi xampp ini bisa anda download langsung di website Apache Friends yang ukurannya sekitar 100mb. 

2. Install Aplikasi XAMPP
setelah anda mendownload aplikasi XAMPP nya kemudian anda buka aplikasi nya, setelah anda buka nanti akan muncul jendela XAMPP setup wizard.

3. Lakukan penginstallan yang di perintahkan
setelah muncul jendela XAMPP setup wizarad nanti kalian akan di arahkan sesuai petunjuk dari aplikasi XAMPP tersebut.

4.Memilih komponen yang di inginkan
pada jendela berikutnya akan muncul memilih komponen yang ada di dalam aplikasi XAMPP nya, saya merekomendasikan pilihan komponen nya yaitu:
  • Apache
  • MySQL
  • PHP
  • phpMyAdmin
Klik centang yang saya sebutkan untuk pilihan komponen tersebut.

5. Tempat Menyimpan File
pada jendela ini anda akan menyimpan aplikasi xampp tersebut, untuk menyimpannya saya rekomendasikan di C:\Program Files\XAMPP saja.

6. XAMPP Terinstall
Setelah sudah melakukan semua perintah penginstall aplikasi XAMPP, selanjutnya anda akan ditanya apakah langsung mulai menjalankan XAMPP atau tidak, jika ingin langsung menjalankan anda klik centang 'Do you want to start the control panel now?' 

7. Selesai
Jika semua tersintall buka dan jalan aplikasi XAMPP Control Panel nya di desktop nanti akan muncul jendela XAMPP Control Panel nya, untuk menjalankannya anda hanya perlu klik start pada module Apache & MySQL nya saja. dan kemudian mulailah membuat website. 

Itu saja artikel tentang tutorial install XAMPP di windows kali ini semoga berguna dan bermanfaat untuk kalian, Terima Kasih. 
Fiqi Sulaiman
Hello, saya Fiqisulaiman. seorang Web Developer yang mengkhususkan diri ke bagian Front End Development selain itu saya suka membuat beragam macam template website di waktu luang saya.

Related Posts

Posting Komentar